Sabtu, 28 Juli 2012

Alternatif Pakan Domba - Kambing di Musim Kemarau


Menghadapi tantangan di musim kemarau, pemberian pakan alternatif selain rumput sebenarnya bisa saja diupayakan, hanya saja di sini sebaiknya Kita harus berhitung cost & benefitnya terkait pengadaan pakan di luar rumput tersebut. 


Sebagai contoh misalnya Kita mengupayakan untuk meningkatkan pemberian pakan tambahan seperti ampas tahu, ampas kedelai, bungkil kelapa maupun campurannya seperti konsentrat untuk menggantikan pakan rumput, apakah biayanya masuk terkait sektor usaha yang sedang Kita jalani?


Pemanfaatan limbah pasar seperti kulit buah ataupun kulit kacang bisa juga diupayakan seperti yang pernah dilakukan oleh para peternak pada musim kemarau tahun lalu, walaupun memang dalam praktiknya juga berebut dengan peternak lainnya. Idealnya memang seorang peternak memiliki lahan rumput yang tidak diganggu gugat sebagai antisipasi musim kemarau, namun skala kepemilikan ternak yang dikembangkan sebagai usaha rakyat di Indonesia tentunya membutuhkan keterlibatan dukungan banyak pihak di dalamnya.

Dengan jumlah ekor domba yang Bapak pelihara saat ini sebenarnya tidak terlampau luas terkait lahan yang diperlukan untuk kemandirian pakan dengan cara menanam rumput. Sebuah informasi menarik yang belum lama ini Saya peroleh dari web Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah, KLIK. http://kalteng.litbang.deptan.go.id/, produksi rumput King Grass pada umur penanaman 2 bulan adalah 16 kg/m2, artinya dengan siklus panen rumput King Grass yang dapat dilakukan per 45 hari dan kebutuhan pakan ternak Bapak misalnya 150 Kg rumput per hari (15 ekor domba x 10 Kg rumput per hari) maka dalam 1 hari diperlukan luas lahan rumput King Grass yang dipanen yaitu 9m2 (150 Kg : 16 Kg), kemudian agar panen dapat berlangsung setiap hari maka luasan lahan yang dibutuhkan adalah 405m2 (9m2 x 45 hari). Jenis tanaman legum seperti Cebreng, Lamtoro ataupun Kaliandra juga tidak ada salahnya ditanam sebagai pagar hidup di lahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar