Sabtu, 28 Juli 2012

Domba pun Bisa Mabuk Perjalanan !!


“Ternak apapun yang melakukan perjalanan lebih dari 3 jam maka akan mengalami stress atau mabuk perjalanan! Itulah kenapa dianjurkan bagi pengemudi kendaraan pengangkut ternak untuk berhenti sejenak seandainya perjalanan lebih dari 3 jam!”

“Ternak yang usia kebuntingannya masih awal ataupun kebuntingan sudah terlampau besar juga rawan keguguran bilamana perjalanan lebih dari 3 jam! Idealnya ternak dikirim pada usia kebuntingan 2 ataupun 3 bulan namun seandainya tetap harus dikirimkan maka kehati-hatian pengemudi mutlak diperlukan” lanjutnya kembali.

“Saat tiba di lokasi tujuan pun ternak sebaiknya jangan langsung dimasukkan ke dalam kandang, biarkan ternak menghirup udara segar terlebih dahulu dan bilamana ada lahan rumput maka gembalakan kurang lebih 30 menit baru sesudah itu masuk ke dalam kandang.”

Domba Jantan di mana kasus yang terjadi selama ini hanya dihadapkan pada resiko penyusutan berat Kg hidup ternak dan umumnya akan segera pulih kembali dengan penanganan yang baik saat tiba di lokasi tujuan. “Keseimbangan metabolisme ternak apapun akan terganggu bilamana menempuh perjalanan melebihi 3 jam, olehkarenanya saat ternak tiba di lokasi tujuan terdapat beberapa hal yang harus dilakukan terkait penanganan stress atau mabuk perjalanan pada ternak:

           1. Hindari Perlakuan Kasar Saat Ternak Tiba.
Sebagai contoh saat menurunkan ternak dari kendaraan sebaiknya tidak terburu-buru begitu kendaraan berhenti, biarkan sejenak dan turunkan secara teratur. Keseimbangan ternak yang belum stabil bukan tidak mungkin menyebabkan ternak akan terjatuh dan rawan risiko cedera.

2. Hindari Ternak Langsung Dimasukkan Kandang. Biarkan ternak menghirup udara segar di luar sejenak selepas diturunkan dari kendaraan pengangkut. Seandainya ada lahan rumput maka dapat digembalakan sebelum masuk ke dalam kandang atau paling tidak berikan pakan rumput di luar kendaraan namun tetap tidak di dalam kandang. Saat ternak masuk ke dalam kandang pun diusahakan  pakan rumput sebaiknya sudah tersedia. Ternak dalam hal ini memerlukan penyesuaian dengan lingkungan baru (fase adaptasi). Khusus Domba Garut di mana termasuk jenis hewan ternak yang memiliki daya adaptasi tinggi namun pengecualian untuk anak domba perlu mendapatkan perhatian khusus saat tiba di lokasi tujuan khususnya berawal dari langkah-langkah di atas.

      3. Lakukan Pemandian& Penjemuran Ternak.
Saat ternak tiba di lokasi tujuan, namun kegiatan pemandian dan penjemuran ternak ini bukan berarti harus dilakukan begitu ternak tiba di lokasi tujuan, paling tidak 1 hari setelah ternak tiba di lokasi tujuan maka dapat dimandikan dan dilakukan penjemuran. Lakukan pengamatan terhadap kondisi tubuh ternak.  penyakit kelelahan yang umumnya seringkali terjadi misalnya adalah flu ataupun meriang. Tidak perlu panik dan khawatir, gejala yang umumnya seringkali tampak pada proses adaptasi ternak adalah berupa hidung berair ataupun bilamana dimasukkan termometer ke dalam dubur ternak maka suhu agak tinggi, segera pembaca menghubungi dokter hewan ataupun mantri terdekat yang ada di sekitar lokasi ternak dan biasanya akan dilakukan penyuntikan antibiotik. Ada pula cara lain yang dapat menangani kasus ini dari pengalaman peternak senior yaitu dengan memberikan obat meriang ataupun flu untuk manusia dan bisa juga dengan ramuan tradisional untuk mengatasi mabuk perjalanan. 

1 komentar:

  1. Utk urusan prjalanan kambing lbh tahan gan, wakakaka.... Jd inget si 'narji' bwa kmbing dimasukin krnjang smpe blok f30 kmbingnya lepas.

    BalasHapus