Sabtu, 28 Juli 2012

Cara Pengobatan Penyakit Cacing Hati pada Domba - Kambing


Sering terjadi gejala kematian domba secara tiba2 di kalangan peternak tradisional, ketika dibedah hatinya tampak hancur indikasinya itu adalah akibat serangan cacing hati.  Tindakan pencegahan sebenarnya ialah pemberian obat cacing secara rutin tepatnya per 2 bulan sekali, kemudian tindakan pengobatan sebaiknya harus dengan resep dan petunjuk dokter hewan apabila memang sudah terindikasi cacing hati.

Penyakit cacing cepat dalam pengembangbiakan dan penyebarannya yang biasanya dikarenakan antara lain keadaan kandang ternak yang kotor, basah dan lembap serta lingkungan sekitar yang kumuh, atau bisa juga cacing terbawa ke kandang akang secara tidak sengaja dikarenakan rumput yang diarit dari lahan di mana mengandung larva cacing. Berbagai kasus penyakit cacing yang terjadi umumnya dikarenakan hal di atas, berikut adalah pedoman guna menjaga kesehatan ternak domba agar terhindar dari penyakit cacing :

Hindari kegiatan mencari rumput terlampau pagi yang akan diberikan sebagai pakan domba, rumput yang didapat terlampau pagi berpotensi mengandung telur cacing yang nantinya akan berkembangbiak pada saluran pencernaan ternak.  Idealnya kegiatan mencari rumput dilakukan di atas jam 10 pagi. Pedoman ini juga berlaku untuk ternak domba yang digembalakan.
Jaga kondisi kandang dan lingkungan agar tidak lembab dan basah, hal ini berpotensi mengundang kehadiran siput air tawar yang menjadi inang perantara cacing sebelum masuk ke tubuh ternak. Kegiatan membersihkan kandang dilakukan secara rutin setidaknya 1 minggu sekali. Kumpulkan kotoran ternak pada satu tempat dan jangan biarkan berserakan ataupun memenuhi bagian dasar lantai kandang.



Sumber di Dinas Peternakan Banjarbaru Kalimantan Selatan itu menyatakan, tanda-tanda ternak kambing yang diserang cacing adalah: kambing kelihatan lesu, lemah dan pucat; bulu kasar dan tidak mengkilat; kurus, pertumbuhan lambat; kadang-kadang mencret.

Pencegahannya antara lain dapat dilakukan dengan menghindarkan kambing dari tempat yang lembab dan digenangi air dimana banyak terdapat larva cacing, serta dengan pemberian obat cacing yang teratur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar