Sabtu, 28 Juli 2012

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Domba - Kambing


Sakit mata pada hewan ternak Domba ataupun Kambing selain disebabkan oleh debu akibat perjalanan jauh, kondisi kandang yang kotor ataupun lembab juga dapat menjadikan terjadinya penyakit ini. Disamping itu uap urine akibat jarak yang terlalu rendah antara lantai panggung dan tanah juga berpotensi menyebabkan hewan ternak Domba ataupun Kambing rawan terhadap serangan penyakit mata. Gejala awal adalah mata berair, kemudian beberapa hari kemudian biasanya diikuti dengan kemerahan, bengkak, selaput bening menjadi keruh kemudian putih di mana bila tidak lekas diobati akan menjadikan kebutaan pada hewan ternak Domba ataupun Kambing.

Di musim penghujan ini kasus serangan penyakit mata cukup sering terjadi. Kata kuncinya adalah jagalah selalu kebersihan kandang dan segera pisahkan hewan ternak Domba ataupun Kambing yang terserang penyakit mata untuk tidak berdekatan dengan hewan ternak yang sehat. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan salep ataupun obat tetes mata merk Erlamycetin dan bisa juga jeruk nipis sebagai obat tradisional. Hindari domba sementara waktu dari terpaan terik sinar matahari dan kandangkan di tempat yang teduh.

Ketika akan memberikan pengobatan pada hewan ternak Domba ataupun Kambing yang terserang penyakit mata yaitu bila ukuran badan hewan ternak relatif besar maka dapat dilakukan dengan cara tampak gambar seperti di atas. Kedua kaki petugas menjepit badan hewan ternak Domba sehingga biasanya domba tidak akan berontak. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar